Polemik Hukum Usaha Paytren

Satu hari di bulan Desember pasca aksi damai 212, berbagai bentuk usaha muncul ke pasaran. Koperasi Syariah 212 adalah sebagian kecil dari bentuk usaha syariah di Indonesia. Selain koperasi syariah 212 mulai menancapkan eksistensi, Paytren dengan pimpinan Ust. Yusuf Mansur menawarkan opsi lain dalam ekonomi berjamaah, yaitu usaha melalui aplikasi di smartphone. 
Beberapa ahli ekonomi syariah di Indonesia sontak membuat kejutan mengenai penggunaan paytren beberapa waktu lalu, bahwa Paytren itu haram. Mereka menganggap Paytren adalah suatu usaha syariah berkonten Multi Level Marketing konvensional seperti tukar menukar antara uang dengan uang yang tak seimbang, iming-iming tertentu dan mengandung riba nasi’ah

Hukum Paytren dari Ust. Erwandi Tarmizi

Lantas, mengapa Paytren tidak boleh digunakan sebagai ladang pendapatan yang berbasis ekonomi kerakyatan ? Apakah Paytren tidak mendatangkan manfaat bagi orang banyak ? Apakah Paytren menerapkan sistem MLM yang menjual barang yang spekulatif  (Contohnya beli Rice Cooker harga 10 juta gratis ke Singapura) ? Ini sedikit pendapatku mengenai usaha berbasis smartphone ini.

Paytren adalah suatu ladang usaha berbasis ekonomi kerakyatan yang dipimpin oleh Ustad Yusuf Mansur dan tim dalam suatu perusahaan yaitu PT. Veritra Sentosa Indonesia. Usaha ini mempunyai beberapa fitur yang memudahkan sesorang dalam melakukan transaksi seperti pembayaran pulsa, pembayaran tiket kereta, pembayaran token PLN bahkan berbelanja online dan offline. Bahkan usaha ini menawarkan umroh gratis bersama Ust. Yusuf Mansur , belajar tilawah gratis dengan Daarul Quran.

Setelah kita mengenal secara general apa itu Paytren. Mari kita telusuri aturan main dari usaha Paytren ini.

Paytren mempunyai dua paket yaitu paket Basic dan Titanium. Paket Basic adalah paket dasar dari bisnis Paytren, sedangkan paket Titanium adalah paket tingkat lanjut dari bisnis ini. 

Penulis menelusuri perbedaan dari kedua paket tersebut. Pertama, pengguna paket basic mendapat 1 lisensi, sedangkan pengguna paket titanium mendapat 31 lisensi. Kedua, pengguna paket basic boleh deposit cashback maksimal 15 ribu rupiah, tetapi maksimal deposit cashback pengguna paket titanium berjumlah lima juta rupiah per lisensi. Terakhir, pengguna paket basic berpotensi mendapatkan bonus maksimal 300 ribu, tapi pengguna paket titanium di Paytren bisa mendapatkan bonus maksimal 9.3 juta rupiah. 

Perusahaan Paytren mempunyai juga malam penghargaan Paytren (Paytren Vaganza). Dimana seseorang akan mendapatkan reward dari perusahaan jika ia berhasil menyeimbangkan jumlah lisensi dari komunitas itu sendiri (misal kanan 100 lisensi kiri 100 lisensi). Bonusnya pun juga bermacam tergantung jumlah lisensi di komunitas yang kita raih. 

Nah apa yang membedakan usaha Paytren dengan usaha yang lain, bahkan dengan bank konvensional, bahkan dengan bisnis Multi Level Marketing pada umumnya. 

Dalam teori marketing kontemporer, mulut seorang konsumen berperan banyak dalam memancing konsumen lain untuk membeli barang tersebut. Misalkan, si X akan menawarkan kepada si Y buku Happy Little Soul, karena si X merasa puas membaca buku tersebut. Sebab si Y yang telah membeli buku itu juga puas dengan barang tadi, ia akan menawarkan ke kerabatnya yaitu si T. Kemudian kerabatnya tertarik dan membeli barang tersebut. Namun, penawaran barang dari kita kepada orang lain tidak dinilai oleh perusahaan buku itu, tetapi perusahaan buku tadi menjadi laku keras. 

Dari marketing konvensional tadi, Paytren mencoba menghargai usaha setiap mulut konsumen. Di sinilah letak perbedaan Paytren dengan sistem marketing konvensional. 

Penawaran usaha Paytren kepada pengguna baru Paytren akan mendapatkan bonus dari perusahaannya Yusuf Mansur. Sistem bonus disini adalah pengguna usaha paytren akan mendapatkan bonus, jika pengguna atau teman pengguna dalam satu komunitas berhasil membawa sepasang klien baru. Namun, sistem bonus ini berlaku hingga 10 generasi . Artinya kita mendapat bonus hingga 10 turunan perusahaan. 

Selain fitur bonus, paytren menawarkan sistem cashback. Apa itu sistem cashback ? Apakah cashback juga diterapkan dalam bank konvensional ? 

Dahulu, kita sering percaya dengan iklan-iklan bank “Tingkatkan terus transaksi Anda dan raih kesempatan dapatkan hadiahnya” . Transaksi dalam bank konvensional menpunyai cashback yang sedikit dari produsen, tetapi banyak konsumen sering melakukan transaksi. Alhasil, sedikit cashback yang didapat tadi menjadi bukit. Walau sebuah bank konvesional meraup cashback yang sangat besar, cashback tadi hanya dinikmati oleh orang-orang yang berada di bank konvensional, bukan konsumen yang melakukan transaksi tadi. 
Paytren menginginkan cashback dari setiap konsumen dinikmati oleh masyarakat banyak (mitra paytren), bukan hanya dinikmati oleh satu atau dua pihak seperti pada sistem di bank konvensional. 

Cashback dalam Paytren adalah pengembalian uang dari uang administrasi perusahaan, jika seseorang dari komunitas kita di manapun generasinya melakukan transaksi. Keuntungan setiap mitra sebesar 2.88% dari harga basis per transaksi. Cashback yang telah diraup oleh mitra Paytren akan dikembalikan setiap tanggal 15 di setiap bulan.

Perbedaan-perbedaan dari paytren terhadap usaha konvensional telah dijelaskan oleh penulis. Namun, ini merupakan awal cerita panjang dari sebuah polemik dari hukum penggunaan Paytren. Polemik ini harus menemui titik tengah demi kemaslahatan ummat di Indonesia maupun di dunia. Polemik seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut hingga saat ini, agar ekonomi syariah juga bisa bersaing dengan ekonomi dunia. 

Pihak Paytren dan pihak ulama sebaiknya melakukan diskusi terbuka mengenai polemik ini, sebab pernyataan dari beberapa ulama yang sudah menyebut haram serta tidak ada respons dari pihak PT Veritra Sentosa Indonesia secara cepat. Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus memberikan sebuah pernyataan mengenai penggunaan usaha paytren ini, karena mayoritas masyarakat belum yakin dengan penggunaan usaha tersebut hingga ada keputusan yang jelas dari MUI. 

Wallahualam bi Shawwab

Selamat berpuasa !!!
Pengguna Paytren Basic dari daerah Frankfurt dan sekitarnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: